Kamis, 03 Desember 2009

Cerita Tentang Kedai Kopinya Paman Howie

Berbagai hal yang dilakukan oleh Paman Howie sebagai pendiri Sturbucks yang mengambil alih lagi posisi CEO akibat buruknya prestasi penerusnya memang dalam rangka menghorisontalkan kedai kopinya, seperti yang tercermin di level strategi dan dan juga di lapangan. Di level taktikal, banyak yang kita dapat lihat di dalam berbagai inisiatif seperti kampanye "The Way I See It", "Nutrition by the Cup", ”mystarbucksidea”, ”Earth Contest” dan lain sebagainya. Hal ini sekiranya menunjukkan bahwa tidak perlu terlalu rumit untuk menerapkan praktik New Wave Marketing, asalkan ada kemauan yang jelas dari level atas. Asalkan pula mau merobohkan mental praktek lama yang vertikal. Satu juga yang penting adalah gagasan-gagasan kreatif dan keberanian untuk menerapkannya dalam praktik sehari-hari.(dikutip dari Artikel Tentang Kedai Kopinya Paman Howie,Kompas 29 November 2009)
Seperti yang oleh sebagian filsafah hidup, bahwa terkadang bahkan yang lebih seringnya terjadi adalah bahwa ketika masalah sedang muncul, sebenarnya di saat itu pula ada pilihan akan sebuah hadiah diambil atau nggak. Hal ini pula yang terjadi pada perusahaan ini, dimana ketika banyaknya pelanggan yang merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan pihak sturbucks, yang kemungkinan bisa mematikan perusahaan ini secara perlahan, malah menjadi pemicu munculnya sebuah inisiatif baru bagi pendirinya yaitu memanfaatkan jasa pelayanan online seperti facebook, youtube, dll
Dapat dikatakan hampir seluruh umat dunia sudah mengenal dunia internet khususnya facebook yang sangat begitu diminati. Nah dengan inisiatif sturbuck itu tadi, maka secara otomatis seakan undangan bagi setiap pelanggan sturbucks untuk dapat ikut andil dalam memberi pendapat bagi sturbucks.
Hal ini pastinya akan sangat membantu dalam pengembangan Sturbucks sendiri. Dan dengan hal ini pula, Sturbuck sendiri juga berinisiatif menurut sertakan para pelanggan untuk memberi ide tentang cita rasa kopi yang dianggap dapat memuaskan pelanggan yang sedang menikmatinya. Walaupun untuk hal tersebut , Sturbucks harus mengeluarkan sedikit biaya untuk memberi penghargaan pada pemberi ide yang dianggap inovatif, guna memacu minat pelanggan untuk member ide, namun kemungkinan para pelanggan akan semakin senang dengan inovasi inovasi yang dilakukan pihak sturbucks ini akan sangat besar karena secara tak langsung pelanggan akan merasa turut berperan aktif dalam menciptakan cita rasa kopi bagi sturbuck sendiri.
Bukan hanya itu saja, Sturbuck juga mampu menembus pemikiran pelanggan saat ini yaitu tentang hobby pelanggan yaitu menikmati sesuatu sambil bisa bersantai bersama rekan rekannya. Ide ini dianggap sangat inovatif, apalagi ditambah dengan adanya pelayanan hotspot . Untuk itu Sturbuck telah berhasil membuat sebuah suasana dimana akan dapat menciptakan suasana yang sangat nyaman bagi para pelanggan.
Karena Pelanggan Adalah Raja. Dan Sturbucks telah mampu mencapainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar